Masa remaja adalah masa yang paling indah dan paling berkesan dalam hidup kita. Karena pada masa remaja inilah kita banyak
mengalami berbagai permasalahan yang cukup komplek dan pelik.
Apalagi dalam pertumbuhannya masa remaja banyak mengalami beberapa perkembangan yang nantinya akan membentuk kepribadian dalam
dirinya atau mencari jati diri untuk membentuk karakter kepribadian.
Remaja Butuh Kegiatan Positif Diluar Rumah
Masa remaja adalah masa yang paling indah dan paling berkesan dalam hidup kita. Karena pada masa remaja inilah kita banyak
mengalami berbagai permasalahan yang cukup komplek dan pelik. Apalagi dalam pertumbuhannya masa remaja banyak mengalami
beberapa perkembangan yang nantinya akan membentuk kepribadian dalam dirinya atau mencari jati diri untuk membentuk karakter kepribadian.
Masa remaja sering juga disebut sebagai masa transisi seseorang dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Seringkali sifat
kekanak-kanakan masih melekat pada dirinya dan pertimbangan kedewasaanpun belum sepenuhnya terbentuk secara matang.
Karena masa remaja dalam pertumbuhannya masih mencari jati diri untuk membentuk karakter kepribadiannya, maka kegiatan positif
yang dilakukan oleh remaja tentunya akan berpengaruh sangat besar bagi perkembangan kehidupan di masa dewasanya nanti tanpa
banyak terganggu oleh situasi pribadi yang tidak kondusif. Sehingga kegiatan positif yang dilakukan oleh remaja tentunya juga
akan mendorong dan menghasilkan suatu generasi muda yang memiliki kualitas dan akhlak yang baik.
Karena itu diharapkan dalam mengisi waktu luangnya seorang remaja harus melakukan suatu hal yang bersipat positif dan
bermanfaat sehingga perilaku yang positif ini tentunya akan menjadi dambaan para orangtua, masyarakat bangsa dan negara.
Disamping itu perlu menjadi catatan bahwa masa remaja adalah masa penuh keingintahuan, sehingga banyak hal yang mereka lakukan
hanya mencoba untuk menuntaskan rasa keingintahuannya itu. Namun, seringkali mereka salah mendapatkan informasi hanya karena
mereka mendapatkan jawaban bukan dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Hal inilah yang harus menjadi perhatian semua
pihak, baik orangtua, masyarakat maupun pemerintah.
Apalagi kegiatan positif remaja tidak hanya menjadi tanggung jawab orangtua saja tapi peran serta masyarakat dan pemerintah
perlu dilibatkan bersama-sama mengingat perilaku remaja yang cenderung lebih banyak ingin menuntaskan rasa keinginantahuannya
itu di luar rumah. Sebagai contoh misalkan pertumbuhan remaja yang pesat di kecamatan Sukmajaya Kota Depok dan peningkatan
pengangguran, remaja putus sekolah, maka di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak permasalahan kerawanan sosial yang pelaku
dan korbannya adalah remaja.
Akan tetapi tidak semua remaja melakukan kenakalan, di sisi lain minat remaja di kecamatan sukmajaya pada bidang olahraga dan
seni sangat besar, hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan ruang-ruang terbuka seperti taman, jalan raya dan tanah kosong untuk
bermain karena pada lapangan sesungguhnya membutuhkan biaya persewaan yang mahal seperti graha, sasana, hall, gedung olahraga
dan komplek olahraga.
Begitu juga apresiasi remaja terhadap seni dibuktikan dengan seringnya diadakan pagelaran pentas, festival terutama musik yang
diadakan oleh sekolah, maupun lembaga/instansi. Karena itu untuk mengembangkan kegiatan positif remaja diluar rumah agar dapat
menyalurkan bakat, minat dan dinamika remaja yang sedang berkembang maka perlu segera direalisasikan pembangunan gelanggang
remaja di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok
Melalui sarana dan prasarana gelanggang remaja ini tentunya dapat tercipta suatu wadah agar aktualisasi remaja bisa berjalan
dengan baik, dimana remaja dapat melakukan kegiatan positif yang bermanfaat di luar pendidikan formal. Diharapkan para remaja
juga dapat berinteraksi sosial dengan sesamanya dan berekreasi secara positif serta terarah dalam lingkungan terpadu antara
kegiatan edukatif dan rekreatif yang nyaman.
Sabtu, 05 Oktober 2013
acara keren di jogja
Setiap malam
PAGELARAN WAYANG KULIT DENGAN LAKON RAMAYANA
Kategori : Seni, Budaya, Hiburan, Wisata Malam
Waktu : pukul 20.00 - 22.00 WIB wayang kulit
Tempat : MUSEUM SONOBUDOYO
Jl. Trikora 6 Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 418 330
Deskripsi : Wayang kulit adalah mahakarya seni pertunjukan Jawa yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO. Seorang
dalang memainkan wayang yang terbuat dari kulit kerbau di balik layar yang terbuat dari kain putih, sehingga para penonton
hanya dapat melihat bayangannya saja. Itulah sebabnya pertunjukan ini dinamakan wayang, yang berasal dari kata "bayang". Daya
tarik pertunjukan wayang kulit terletak pada kelincahan ki dalang memainkan berbagai tokoh wayang sekaligus dengan gerakan yang
atraktif, mengubah karakter suara, berganti intonasi, melontarkan guyonan dan bahkan bernyanyi.
www.yogyes.com/wayang-kulit-show
Tiket : Rp 20.000
CP / EO : (0274) 418 330 cuma 20rb bisa melihat aksi wayang yang kereen
Setiap Senin
JAZZ MBEN SENEN
Kategori : Seni, Wisata Malam, Hiburan
Waktu : pukul 20.30 WIB - selesai jazz mben senen
Tempat : BENTARA BUDAYA YOGYAKARTA (BBY)
Jl. Suroto 2 Kotabaru, Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 560 404
Deskripsi : Jazz Mben Senen merupakan ajang berkumpul para musisi, pecinta, serta penikmat musik jazz di
Yogyakarta. Dalam acara ini akan ada pertunjukan musik jazz oleh musisi yang hadir atau siapapun yang tertarik untuk nge-jam
bareng. Jazz Mben Senen tidak hanya bertujuan sebagai arena kumpul-kumpul dan melatih mental para musisi muda, namun juga
sebagai langkah untuk lebih mendekatkan musik jazz kepada masyarakat.
Tiket : Gratis
CP / EO : 0856 9178 2078 (Gilang Adiyaksa)
0813 2700 5127 (Harley Yoga)
0818 0264 7007 (Gian Afrisando)
PAGELARAN WAYANG KULIT DENGAN LAKON RAMAYANA
Kategori : Seni, Budaya, Hiburan, Wisata Malam
Waktu : pukul 20.00 - 22.00 WIB wayang kulit
Tempat : MUSEUM SONOBUDOYO
Jl. Trikora 6 Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 418 330
Deskripsi : Wayang kulit adalah mahakarya seni pertunjukan Jawa yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO. Seorang
dalang memainkan wayang yang terbuat dari kulit kerbau di balik layar yang terbuat dari kain putih, sehingga para penonton
hanya dapat melihat bayangannya saja. Itulah sebabnya pertunjukan ini dinamakan wayang, yang berasal dari kata "bayang". Daya
tarik pertunjukan wayang kulit terletak pada kelincahan ki dalang memainkan berbagai tokoh wayang sekaligus dengan gerakan yang
atraktif, mengubah karakter suara, berganti intonasi, melontarkan guyonan dan bahkan bernyanyi.
www.yogyes.com/wayang-kulit-show
Tiket : Rp 20.000
CP / EO : (0274) 418 330 cuma 20rb bisa melihat aksi wayang yang kereen
Setiap Senin
JAZZ MBEN SENEN
Kategori : Seni, Wisata Malam, Hiburan
Waktu : pukul 20.30 WIB - selesai jazz mben senen
Tempat : BENTARA BUDAYA YOGYAKARTA (BBY)
Jl. Suroto 2 Kotabaru, Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 560 404
Deskripsi : Jazz Mben Senen merupakan ajang berkumpul para musisi, pecinta, serta penikmat musik jazz di
Yogyakarta. Dalam acara ini akan ada pertunjukan musik jazz oleh musisi yang hadir atau siapapun yang tertarik untuk nge-jam
bareng. Jazz Mben Senen tidak hanya bertujuan sebagai arena kumpul-kumpul dan melatih mental para musisi muda, namun juga
sebagai langkah untuk lebih mendekatkan musik jazz kepada masyarakat.
Tiket : Gratis
CP / EO : 0856 9178 2078 (Gilang Adiyaksa)
0813 2700 5127 (Harley Yoga)
0818 0264 7007 (Gian Afrisando)
Jumat, 04 Oktober 2013
APPLE IPHONE 5S
Jaringan 2G : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G : HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
Jaringan 4G : LTE
Jenis kartu : Nano-SIM
Diperkenalkan : Sep 2013
Harga Baru : - tiga belas jutaan
Harga Bekas : -
Model
Tipe
CandyBar
Dimensi
123.8 x 58.6 x 7.6 mm
Berat
112 g
Layar
640 x 1136 pixels, 4.0 inches (~326 ppi pixel density)
Jenis layar
LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Warna Hp
Black/Slate, White/Silver, Gold
Lain-lain
- Sensors: Accelerometer, gyro, proximity, compass
- Fingerprint sensor (Touch ID)
- Multitouch
- Corning Gorilla Glass, oleophobic coating
Ringtone
Tipe
Proprietary ringtones
Getar
Yes
Loudspeaker
3.5mm jack
Memory
Internal
16 GB
Slot
No
Lain-lain
1 GB RAM
Koneksi
GPRS
Yes
EDGE
Yes
Kecepatan
DC-HSDPA, 42 Mbps; HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, LTE, 100 Mbps; EV-DO Rev. A, up to 3.1 Mbps
Wifi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes, v4.0 with A2DP
USB
Yes, v2.0
Fitur
O.S.
iOS 7
CPU
Apple A7, Dual-core 1.7 GHz
GPU
PowerVR Series 6
Sesnor
Accelerometer, gyro, proximity, compass
Message
iMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser
HTML (Safari)
Game
Yes, Download
Kamera
belakang
8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, dual-LED (True Tone) flash, 1.5 ?m pixel size, simultaneous HD video and image
recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR, Video 1080p@30fps, 720p@120fps, video stabilization
Kamera depan
1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
Radio
No
GPS
Yes, with A-GPS support and GLONASS
Java
No
Fitur lain
- Active noise cancellation with dedicated mic
- AirDrop file sharing
- Siri natural language commands and dictation
- iCloud cloud service
- Twitter and Facebook integration
- TV-out
- Maps
- iBooks PDF reader
- Audio/video player/editor
- Organizer
- Document viewer
- Image viewer/editor
- Voice memo/dial/command
- Predictive text input
Baterai
Tipe
Non-removable Li-Po 1560 mAh battery (5.92 Wh)
Siaga
250 jam (2G) / 250 jam (3G)
Bicara/Aktif
10 jam (2G) / 10 jam (3G)
Jaringan 3G : HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
Jaringan 4G : LTE
Jenis kartu : Nano-SIM
Diperkenalkan : Sep 2013
Harga Baru : - tiga belas jutaan
Harga Bekas : -
Model
Tipe
CandyBar
Dimensi
123.8 x 58.6 x 7.6 mm
Berat
112 g
Layar
640 x 1136 pixels, 4.0 inches (~326 ppi pixel density)
Jenis layar
LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Warna Hp
Black/Slate, White/Silver, Gold
Lain-lain
- Sensors: Accelerometer, gyro, proximity, compass
- Fingerprint sensor (Touch ID)
- Multitouch
- Corning Gorilla Glass, oleophobic coating
Ringtone
Tipe
Proprietary ringtones
Getar
Yes
Loudspeaker
3.5mm jack
Memory
Internal
16 GB
Slot
No
Lain-lain
1 GB RAM
Koneksi
GPRS
Yes
EDGE
Yes
Kecepatan
DC-HSDPA, 42 Mbps; HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, LTE, 100 Mbps; EV-DO Rev. A, up to 3.1 Mbps
Wifi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot
Bluetooth
Yes, v4.0 with A2DP
USB
Yes, v2.0
Fitur
O.S.
iOS 7
CPU
Apple A7, Dual-core 1.7 GHz
GPU
PowerVR Series 6
Sesnor
Accelerometer, gyro, proximity, compass
Message
iMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser
HTML (Safari)
Game
Yes, Download
Kamera
belakang
8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, dual-LED (True Tone) flash, 1.5 ?m pixel size, simultaneous HD video and image
recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR, Video 1080p@30fps, 720p@120fps, video stabilization
Kamera depan
1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
Radio
No
GPS
Yes, with A-GPS support and GLONASS
Java
No
Fitur lain
- Active noise cancellation with dedicated mic
- AirDrop file sharing
- Siri natural language commands and dictation
- iCloud cloud service
- Twitter and Facebook integration
- TV-out
- Maps
- iBooks PDF reader
- Audio/video player/editor
- Organizer
- Document viewer
- Image viewer/editor
- Voice memo/dial/command
- Predictive text input
Baterai
Tipe
Non-removable Li-Po 1560 mAh battery (5.92 Wh)
Siaga
250 jam (2G) / 250 jam (3G)
Bicara/Aktif
10 jam (2G) / 10 jam (3G)
cross AT1G SPESIFIKASI
THANK YOU MY BROTHER
Jaringan 2G : GSM 850/900/1800/1900
Jaringan 3G : HSDPA 900/2100
Jenis kartu : dual SIM GSM (dual standby)
Diperkenalkan : Sep 2013
Harga Baru : -
Harga Bekas : -
Model
Tipe
Tablet
Dimensi
199 x 123.3 x 12 mm
Berat
374,2 g
Layar
7 inches WVGA, 1024 x 600 pixel
Jenis layar
Capacitive Touchscreen
Warna Hp
Black, White Green, White Silver, White Red
Lain-lain
- Multitouch up to 5 Points
- Sensors : Proximity Sensor, 3D Gravity
Ringtone
Tipe
MP3 ringtone
Getar
Yes
Loudspeaker
Memory
Internal
4 GB
Slot
microSD up to 32GB
Lain-lain
512 MB RAM
Koneksi
GPRS
Yes
EDGE
Yes
Kecepatan
HSDPA
Wifi
Wi-fi, Wi-fi Tethering, Hotspot
Bluetooth
Yes
USB
Yes
Fitur
O.S.
Android OS, v4.1 Jelly Bean
CPU
Dual Core 1 GHz
Sesnor
Proximity Sensor, 3D Gravity
Message
-
Browser
HTML
Game
-
Kamera
belakang
3 MP, Autofocus, Video
Kamera depan
1,3 MP
Radio
FM radio
GPS
Yes
Fitur lain
- MP3, audio Player
- Sound Recorder
- Webcam
- Facebook
- Google Map
- You Tube
- Support video call & chat
Baterai
Tipe
Li-Ion 3250 MaH
Jaringan 2G : GSM 850/900/1800/1900
Jaringan 3G : HSDPA 900/2100
Jenis kartu : dual SIM GSM (dual standby)
Diperkenalkan : Sep 2013
Harga Baru : -
Harga Bekas : -
Model
Tipe
Tablet
Dimensi
199 x 123.3 x 12 mm
Berat
374,2 g
Layar
7 inches WVGA, 1024 x 600 pixel
Jenis layar
Capacitive Touchscreen
Warna Hp
Black, White Green, White Silver, White Red
Lain-lain
- Multitouch up to 5 Points
- Sensors : Proximity Sensor, 3D Gravity
Ringtone
Tipe
MP3 ringtone
Getar
Yes
Loudspeaker
Memory
Internal
4 GB
Slot
microSD up to 32GB
Lain-lain
512 MB RAM
Koneksi
GPRS
Yes
EDGE
Yes
Kecepatan
HSDPA
Wifi
Wi-fi, Wi-fi Tethering, Hotspot
Bluetooth
Yes
USB
Yes
Fitur
O.S.
Android OS, v4.1 Jelly Bean
CPU
Dual Core 1 GHz
Sesnor
Proximity Sensor, 3D Gravity
Message
-
Browser
HTML
Game
-
Kamera
belakang
3 MP, Autofocus, Video
Kamera depan
1,3 MP
Radio
FM radio
GPS
Yes
Fitur lain
- MP3, audio Player
- Sound Recorder
- Webcam
- Google Map
- You Tube
- Support video call & chat
Baterai
Tipe
Li-Ion 3250 MaH
Rabu, 02 Oktober 2013
sejarah bulu tangkis :D
THANK YOU MY BROTHER ----
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang
(untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.
Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau
"shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah
ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.
Partai
Lapangan bulu tangkis
Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
Tunggal putra
Tunggal putri
Ganda putra
Ganda putri
Ganda campuran
Lapangan dan jaring
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat
pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna
kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau
kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak.
Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat
tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55
m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring
yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.
Perlengkapan
Raket
Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan
lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional
berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon
memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan
energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau
aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
Senar
Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah
senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara
umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai
dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang
kuat dalam seleksi senar.
Kok
Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian
bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah
bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan
juga kok dari plastik.
Sepatu
Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan
pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis
membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar
tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat;
bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan
kaki.
Memainkan bulu tangkis
Area permainan
Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di
lapangan bulu tangkis.
Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.
Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring
ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan
berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar. Bila
kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan "keluar".
Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di
jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.
Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.
Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
a. Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam, yaitu: 1. Pegangan forehand
(pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang
sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
2. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke
kanan dari pegangan forehand.
3. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan
secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya,
sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
b. Teknik Pukulan Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan
bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. Terdapat
macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu: 1. Pukulan
Servis Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke
bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan.
Macam-macam pukulan servis, yaitu: a. Pukulan servis pendek b. Pukulan servis panjang
c. Pukulan servis mendatar d. Pukulan servis cambuk
2. Pukulan Lob Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan
untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis
lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: a. Overhead lob,
yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan
shuttlecock melambung ke arah belakang. b. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang
dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan
di lambungkan tinggi ke belakang.
Servis
Area servis
Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi
jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda
seperti yang diilustrasikan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis.
Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah
dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin
genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol.
Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.
Untuk partai ganda, beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin:
Sistem pindah bola
Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari
tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang
dimainkan.
Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan
servis.
Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap
pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak
mendapat kesempatan kedua.
Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh "orang pertama".
Sistem reli poin
Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.
Sistem perhitungan poin
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sistem perhitungan poin bulu tangkis
Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set.
Sejarah
Permainan Battledore and Shuttlecock pada tahun 1854
Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket, kemungkinan berkembang di Mesir kuno
sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Cina.
Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang
melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.
Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan
Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai
dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara
dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.
Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Cina, dan Siam
(sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera
menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.
Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune,
India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara
bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu.
Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt,
seorang penyalur mainan Inggris, berjudul "Badminton Battledore - a new game"
("Battledore bulu tangkis - sebuah permainan baru"). Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris.
Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.
bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olah raga ini, dan di negara-negara
Skandinavia.
Induk organisasi
International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan membukukan
Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan
Perancis sebagai anggota-anggota pelopornya. India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September
2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton
World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir.
Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun
1992. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.
sumber:wikipedia
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang
(untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.
Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau
"shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah
ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.
Partai
Lapangan bulu tangkis
Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
Tunggal putra
Tunggal putri
Ganda putra
Ganda putri
Ganda campuran
Lapangan dan jaring
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat
pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna
kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau
kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak.
Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat
tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55
m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring
yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.
Perlengkapan
Raket
Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan
lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional
berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon
memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan
energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau
aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
Senar
Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah
senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara
umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai
dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang
kuat dalam seleksi senar.
Kok
Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian
bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah
bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan
juga kok dari plastik.
Sepatu
Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan
pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis
membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar
tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat;
bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan
kaki.
Memainkan bulu tangkis
Area permainan
Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di
lapangan bulu tangkis.
Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.
Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring
ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan
berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar. Bila
kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan "keluar".
Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di
jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.
Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.
Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
a. Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam, yaitu: 1. Pegangan forehand
(pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang
sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
2. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke
kanan dari pegangan forehand.
3. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan
secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya,
sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
b. Teknik Pukulan Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan
bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. Terdapat
macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu: 1. Pukulan
Servis Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke
bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan.
Macam-macam pukulan servis, yaitu: a. Pukulan servis pendek b. Pukulan servis panjang
c. Pukulan servis mendatar d. Pukulan servis cambuk
2. Pukulan Lob Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan
untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis
lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: a. Overhead lob,
yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan
shuttlecock melambung ke arah belakang. b. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang
dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan
di lambungkan tinggi ke belakang.
Servis
Area servis
Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi
jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda
seperti yang diilustrasikan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis.
Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah
dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin
genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol.
Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.
Untuk partai ganda, beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin:
Sistem pindah bola
Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari
tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang
dimainkan.
Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan
servis.
Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap
pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak
mendapat kesempatan kedua.
Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh "orang pertama".
Sistem reli poin
Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.
Sistem perhitungan poin
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sistem perhitungan poin bulu tangkis
Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set.
Sejarah
Permainan Battledore and Shuttlecock pada tahun 1854
Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket, kemungkinan berkembang di Mesir kuno
sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Cina.
Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang
melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.
Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan
Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai
dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara
dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.
Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Cina, dan Siam
(sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera
menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.
Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune,
India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara
bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu.
Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt,
seorang penyalur mainan Inggris, berjudul "Badminton Battledore - a new game"
("Battledore bulu tangkis - sebuah permainan baru"). Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris.
Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.
bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olah raga ini, dan di negara-negara
Skandinavia.
Induk organisasi
International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan membukukan
Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan
Perancis sebagai anggota-anggota pelopornya. India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September
2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton
World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir.
Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun
1992. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.
sumber:wikipedia
Langganan:
Postingan (Atom)